Logo Bank Sumut
Cari

Kebijakan Privasi


Kebijakan Privasi ini adalah sebuah acuan untuk mengatur penggunaan Data Pribadi dan Metadata milik Pengguna. Hal ini merupakan bentuk komitmen Bank Sumut untuk melindungi data Pengguna.

Bank Sumut berhak untuk memodifikasi, menambah, dan atau mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat dan kemudian menginformasikan ke Pengguna melalui media komunikasi yang biasanya dipakai oleh Bank Sumut. Kebijakan yang baru akan mulai berlaku setelah kebijakan tersebut sudah dipublikasikan ke seluruh Pengguna Bank Sumut.

A. Persetujuan

Ketika mengakses, mendaftar, dan atau menggunakan layanan di Bank Sumut, maka Pengguna menyatakan setiap data yang diberikan adalah data yang benar dan sah. Pengguna telah memahami ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini serta memberikan persetujuan kepada Bank Sumut untuk mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, memindahkan, mengirimkan, mengungkapkan, dan melindungi data Pengguna untuk memperlancar berbagai proses di dalam layanan Bank Sumut serta tujuan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B. Perolehan & Pengumpulan Data

Bank Sumut mengumpulkan dan menggunakan data Pengguna agar dapat digunakan sesuai maksud dan tujuannya, untuk menunjang efisiensi kinerja, dan untuk meningkatkan kualitas layanan Bank Sumut. Data yang dikumpulkan meliputi data pribadi, metadata, dan informasi lainnya yang diberikan secara langsung oleh Pengguna ataupun yang terkumpul secara otomatis karena penggunaan layanan Bank Sumut. Data tersebut, termasuk namun tidak terbatas, di antaranya adalah :

  1. Pembuatan dan atau pembaruan akun Bank Sumut, seperti nama lengkap (username), alamat surel (email), nomor ponsel, kata kunci (password) dan informasi lainnya yang dapat dijadikan sebagai identifikasi Pengguna;
  2. Data komunikasi melalui layanan bantuan Pengguna Bank Sumut;
  3. Pengisian survei yang dikirimkan oleh Bank Sumut;
  4. Pengisian data yang dibutuhkan pada saat melakukan aktivitas donasi, seperti nama lengkap, alamat surel (email), nomor ponsel, dan atau informasi tambahan lainnya yang diminta apabila Donatur menggunakan metode pembayaran dengan layanan transfer bank, virtual account ("VA"), kartu debit/kredit, dan dompet elektronik yang terdaftar di Bank Indonesia dan bekerja sama dengan Bank Sumut;
  5. Verifikasi, seperti dokumen identitas, dokumen medis, Kartu Keluarga ("KK"), dokumen bukti bayar atau informasi lainnya dalam bentuk dan cara lain yang diminta dari waktu ke waktu oleh Bank Sumut;
  6. Pengumpulan dokumen yang dibutuhkan pada saat kerja sama khusus, termasuk namun tidak terbatas seperti kesepakatan tertulis dan dibuat secara terpisah dengan Kebijakan Privasi ini;
  7. Data yang terkumpul secara otomatis ketika Pengguna menggunakan layanan Bank Sumut seperti, alamat protokol internet (internet protocol address), lokasi geografis (geolocation), sistem operasi (operating system) dan jenis serta versi browser dari perangkat yang digunakan Pengguna dalam mengakses layanan Bank Sumut, lalu lintas data (data traffic), rekaman situs, dan data komunikasi lainnya.
  8. Penggunaan data lainnya yang digunakan untuk keperluan internal Bank Sumut.
  9. Data yang didapat dari cookies yang terdapat di browser perangkat Pengguna selama Layanan Bank Sumut digunakan untuk mengenali dan mengingat informasi tertentu antara lain manajemen sesi, personalisasi layanan, dan perekaman aktivitas Pengguna. Pengguna dapat menonaktifkan cookies pada browser, dengan konsekuensi akan terbatas optimalisasi layanan pada saat Anda melakukan akses ke situs.

C. Penggunaan Data

  1. Bank Sumut dapat menggunakan Data untuk tujuan-tujuan berikut ini, maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain untuk :
    • Mengidentifikasi dan memproses permohonan penggunaan Layanan Bank Sumut, termasuk memfasilitasi atau melakukan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Bank Sumut diperlukan dan atau penerapan prinsip pengenalan pelanggan (Know Your Customer);
    • Kebutuhan operasional Layanan Bank Sumut;
    • Memberikan notifikasi atau informasi terkait penggunaan Layanan Bank Sumut, termasuk segala pembaruan atau perubahan yang terjadi pada Layanan Bank Sumut;
    • Memberikan fasilitas penggunaan fitur interaksi atau komunikasi melalui Layanan Bank Sumut, termasuk layanan konsumen untuk menjawab pertanyaan dan atau keluhan;
    • Mengupayakan agar isi, konten, dan segala informasi pada Layanan Bank Sumut ditampilkan dengan cara yang paling efektif bagi Pengguna dan perangkat elektronik yang Pengguna gunakan
    • Memantau dan atau menganalisis penggunaan dan pengelolaan Layanan Bank Sumut demi mendukung efisiensi dan efektivitas Layanan Bank Sumut dan fungsi-fungsi di dalamnya, termasuk pola penggunaan atau perilaku pengguna dalam memakai layanan Bank Sumut;
    • Memperbaiki, meningkatkan kualitas, dan atau mengembangkan layanan pada Layanan Bank Sumut;
    • Memberikan bantuan sehubungan dengan upaya penyelesaian terhadap masalah operasional dan teknis padaLayanan Bank Sumut;
    • Mencegah, mendeteksi, dan atau menyelidiki segala kegiatan yang dilarang, tidak sah, tidak sesuai hukum atau merupakan suatu bentuk kecurangan apapun;
    • Menghasilkan informasi dan data hasil analisis dalam rangka pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk, kemitraan komersial, dan kerja sama;
    • Membantu Bank Sumut dalam mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;dan
    • Menghubungi Pengguna melalui media komunikasi yang telah diberikan oleh Pengguna kepada Bank Sumut yang berkaitan dengan penggunaan layanan Layanan Bank Sumut.
  2. Penggunaan dan penyimpanan Data akan dilakukan Bank Sumut menurut ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Data, termasuk Data Pribadi Pengguna, hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut dipersyaratkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bank Sumut akan berhenti menyimpan Data Pribadi segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan dan penyimpanan Data Pribadi tersebut tidak lagi dipersyaratkan untuk tujuan layanan Layanan Bank Sumut atau secara hukum.
  4. Pengguna mengakui dan menyetujui untuk membebaskan Bank Sumut dari dan terhadap segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran ganti rugi penuh) yang timbul sebagai akibat dari Keadaan dan atau kegagalan teknologi dalam bentuk penggunaan, penyimpanan dan atau pengungkapan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, secara tidak sah atau melawan hukum.

D. Pemberian & Pengungkapan Data

  1. Pengguna menyetujui pemberian atau pengungkapan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, oleh Bank Sumut kepada pihak ketiga yang secara wajar diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas Layanan Bank Sumut, mengembangkan fitur-fitur Layanan Bank Sumut, layanan, dan produk yang Bank Sumut tawarkan, antara lain, untuk melakukan pemeliharaan berikut pengelolaan sistem, perangkat, serta jaringan Bank Sumut, kepada konsultan, auditor, penyedia jasa, dan atau penasihat profesional.
  2. Bank Sumut dapat memberikan atau mengungkapkan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, dalam hal dipersyaratkan oleh penetapan atau putusan pengadilan, perintah, atau keputusan dari institusi yang berwenang, untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau dalam hal terjadi proses hukum, pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan aktivitas yang tidak sah atau tidak berwenang, atau dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum.
  3. Bank Sumut akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus Data Pribadi yang tidak relevan sebelum memberikan atau mengungkapkan data, termasuk Data Pribadi Pengguna.
  4. Bank Sumut dapat menghilangkan bagian-bagian tertentu dari Data Pribadi Pengguna sehingga menjadi data anonim, dan mengungkapkan data anonim tersebut kepada pihak ketiga. Bank Sumut juga dapat mengkombinasikan Data Pribadi Pengguna dengan informasi-informasi lain sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi terasosiasi dengan Pengguna, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga.
  5. Bank Sumut tidak menjual, menyebarkan, atau menyewakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga manapun.
  6. Apabila Pengguna secara sadar mencentang pilihan "Saya bersedia untuk dihubungi…" saat melakukan aktivitas Donasi, maka Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Bank Sumut untuk memberikan atau mengungkapkan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, yaitu nama dan alamat surel (email) yang terdaftar di Layanan Bank Sumut, kepada pihak ketiga yang disetujui oleh Pengguna dan bekerja sama dengan Bank Sumut untuk pengoperasian Layanan Bank Sumut.

E. Pengamanan & Perubahan atas Data Pribadi

  1. Kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi Bank Sumut. Layanan Bank Sumut berupaya dan mengambil langkah-langkah yang secara wajar dilakukan untuk melindungi keamanan data, termasuk Data Pribadi Pengguna, antara lain melalui penggunaan teknologi untuk mengacak jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Namun, Bank Sumut tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem Bank Sumut benar-benar tidak dapat ditembus oleh virus, malware, gangguan, peretasan, pelanggaran hukum atau akses tidak sah oleh pihak ketiga.
  2. Pengguna berhak untuk mengakses Data Pribadi Pengguna yang disimpan pada Layanan Bank Sumut. Pengguna juga berhak untuk mengubah Data Pribadi yang disimpan, seperti alamat surel (email), nomor ponsel, kata kunci (password) dengan mengatur ulang pada aplikasi admin layanan Bank Sumut.
  3. Pengguna berhak meminta penonaktifan dan atau penghapusan akun dan Data Pribadi Pengguna yang disimpan pada Layanan Bank Sumut dengan menyepakati dan mematuhi persyaratan dan prosedur yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan cara mengajukan permintaan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Layanan Bank Sumut dan atau fitur penonaktifan dan atau penghapusan akun, dengan syarat:
    • Kirim email menggunakan surel (email)yang terdaftar di Bank Sumut;
    • Foto kartu identitas terbaru;
    • Foto diri memegang kartu identitas;
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa penonaktifan dan atau penghapusan Akun dan Data Pribadi Pengguna, baik sebagian atau seluruhnya, dapat mengakibatkan Pengguna tidak lagi dapat menggunakan Layanan Bank Sumut.
  5. Bank Sumut akan melakukan evaluasi terhadap permohonan penonaktifan dan atau penghapusan akun dan Data Pribadi Pengguna. Apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan penonaktifan dan atau penghapusan akun serta Data Pribadi, maka Bank Sumut akan melakukan konfirmasi kepada Pengguna.

H. Perubahan Kebijakan

Bank Sumut berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Kebijakan Privasi dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Pengguna. Pengguna dapat mengakses setiap perubahan Kebijakan Privasi ini pada Layanan Bank Sumut. Saat mengakses dan atau menggunakan Layanan Bank Sumut, Pengguna mengakui telah mendapatkan, memahami, serta memberikan persetujuan terhadap perubahan ketentuan Kebijakan Privasi tersebut. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh perubahan Kebijakan Privasi, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan pada Layanan Bank Sumut ini.

I. Perselisihan

Kebijakan Privasi ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum Indonesia. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini secara musyawarah mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak yang diberikan dari Pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia ("BANI").

J. Korespondensi

Pengguna dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait Layanan Bank Sumut kepada Bank Sumut melalui kanal kontak atau korrspondensi yang diberikan oleh Bank Sumut pada situs.

Bank Sumut akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Pengguna sebelum menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan, dan atau pertanyaan Pengguna. Bank Sumut berhak untuk menolak dalam memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan, dan atau pertanyaan Pengguna saat informasi atau data yang diberikan Pengguna tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera pada sistem Layanan Bank Sumut.

Proses verifikasi hingga pemberian tanggapan atau respon untuk saran, permintaan, keluhan, dan atau pertanyaan Pengguna dilakukan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta kebijakan dan prosedur internal Bank Sumut yang berlaku dari waktu ke waktu.

Logo Bank Sumut